Caleg Gagal Pemilu, Nih 5 Kiat Terhindar dari Stres, daripada Masuk RSJ

caleg gagal pemilu

Topmetro.News – Caleg gagal Pemilu (Pemilihan Umum) sepertinya bakal banyak yang stres. Bagaimana tidak, mungkin sudah menebar uang bahkan sempat jual harta, tapi harapan itu kandas juga. Angan-angan duduk di lembaga legislatif akhirnya tinggal angan-angan saja. Apalagi jatah kursi yang tergolong sedikit, tak sebanding dengan jumlah caleg (calon anggota legislatif) yang bertarung menuju parlemen itu.

caleg gagal pemilu2
foto ilustrasi | riliv

Caleg Gagal Pemilu Rentan Stres

Sebenarnya ini sudah cerita lama bahwa banyak caleg menjadi sakit, stres, bahkan terganggu kesehatan jiwanya gegara gagal menjadi wakil rakyat. Bahkan lebih ironis lagi, ada yang sampai nekat bunuh diri.

Ternyata tak Terpilih

Bahkan, tak dipungkiri beberapa rumah sakit sampai mempersiapkan ruang khusus bagi para caleg yang gagal dalam kontestasi Pemilu.

“Caleg mesti mewaspadai stres atau depresi. Kondisi ini menimpa mereka yang gagal. Salah satu alasannya karena sudah keluar uang banyak. Belum lagi perasaan tertekan karena sudah disokong atau mendapat dukungan sana-sini, atau harus terpilih tapi ternyata tidak terpilih,” ujar dr Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter seperti dikutip Topmetro.News dari jaringan pemberitaan JPNN.

Menurutnya ada sejumlah kiat mencegah dan mengatasi stres itu.

1. Rehat dari Medsos (Media Sosial)

Ada baiknya Anda rehat sejenak dari media sosial, terutama yang biasanya membicarakan masalah Pemilu dan politik. Dengan begitu, Anda tidak terganggu dengan berita-berita di luar sana, terutama yang negatif.

2. Berbagi dengan Orang Terdekat

Kegagalan yang dialami dan perasaan setelah tahu bahwa Anda gagal jangan disimpan sendiri. Menurut dr. Dyan Mega, para caleg gagal harus berbagi apa yang mereka rasakan setelah pemilu kepada orang terdekat.

“Biasanya, berbagi masalah bisa meringankan apa yang ada di pikiran dan bisa menjadi lega. Bisa kepada orang tua, istri, suami dan orang terdekat lainnya.”

3. Tetap Salurkan Hobi

Setelah tahu Anda gagal, jangan lupa untuk tetap menjalankan hobi Anda. Setidaknya menurut dr Dyan Mega hal ini ampuh membuat Anda tetap tenang dan tidak terfokus pada kegagalan Anda.

Jika Anda punya hobi naik gunung, misalnya tidak masalah. Jalankan saja hobi itu. Toh, melihat pemandangan juga baik untuk Anda. Kalau misalnya ada yang memiliki hobi lain, tetap jalani saja karena bisa sangat membantu psikis Anda.

4. Jangan Lupa Olahraga

Ini juga bisa Anda lakoni untuk mengatasi badan lemas. Pasalnya, olahraga melepaskan hormon endorfin atau hormon bahagia. Akhirnya Anda bisa terlepas dari stres itu.

5. Rencana Hal yang Menyenangkan

Daripada memikirkan kekalahan terus-menerus, sebaiknya Anda merencanakan sesuatu yang menyenangkan.

Menurut dr Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, Anda bisa membuat jadwal bertemu dengan sahabat atau orang yang Anda kasihi.

Selain itu, hadiahi diri Anda makanan favorit di restoran kesukaan.

Kalau semua cara di atas sudah dicoba dan Anda tetap stres, menurut dr. Dyan Mega, berhati-hatilah.

baca juga | 25 BAKAL CALEG SAMOSIR GAGAL IKUT PEMILU 2019

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya, bakal caleg Samosir (Bacaleg) berjumlah 25 orang dinyatakan gagal ikut Pemilu 2019.

Hal itu diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir mengumumkan dari 213 berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Samosir yang diajukan parpol peserta Pemilu 2019, hanya 189 di antaranya yang memenuhi syarat. Artinya 25 bakal caleg Samosir gagal ikut Pemilu mendatang.

Demikian dibacakan Ketua KPU Samosir, Fernando Sitanggang, pada Rapat Kerja (Raker) penyampaian hasil verifikasi terhadap dokumen pencalonan hasil perbaikan Partai Politik (Parpol) dan penyusunan draft Daftar Calon Sementara Calon Legislatif DPRD Samosir di Hotel Saulina, Aek Rangat Siogung ogung Kecamatan Pangururan, Sabtu (11/8/2018).

Reporter | JEREMITARAN

Related posts

Leave a Comment